Download lengkap materi ini

METODE REGRESI – KORELASI

Metode Regresi – Korelasi ini hanya dibahas sepintas saja, yaitu hanya Metode Regresi – Korelasi linier sederhana serta uji kemaknaan yang diperlukan termasuk di dalamnya korelasi sederhana. Sedangkan pembahasan secara lengkap (berganda, eksponensial serta tranformasi logaritma) dibahas pada buku “Metode Ramalan Bisnis”
Regresi linier sederhana

X = variabel bebas/independent variable
Y = Variabel terikat /dependent variable
A = bilangan konstan
B = Koofisien regresi.

Dengan mengunakan Metode Regresi maka diperoleh koofisien a dan b adalah sebagai berikut :

[ N XY – ((X)( Y))]
B =
[ N X2 – ((X)2]

[ Y] [ Y]
A = – B
N N

.
kalau kita perhatikan bahwa persamaan regresi Y’ = A+ BX yang kita peroleh, terdapat berbagai kemungkinan grafik yang terjadi. Jika ada kemungkinan misalnya nilai b adalah 0 (nol), maka persmaan regresinya akan menjadi Y = A , jika kita gambarkan akan mendaptkan grafik berbentuk harisontal saja, Dalam keadaan demikian maka persamaan regersinya yang ada tidak siqnifikan.
Misalkan , perusahaan ini meramalkan penjualannya untuk tahun 2000 dengan x yang sudah ditentukan, misalkan x = 7 (7.000 bayi)

Y’ = 9.33 + 0.88 (7)
Y’ = 9.33 + 6.16

Y’ = 15.48 dibulatkan menjadi 16. Jadi ramalan penjulan untukl tahun 2000 adalah sebesar 16.000 unit (16 dikalikan 1000), demikain juga untuk ramalan penjualan periode-periode yang lain caranya sama.