Bertepatan dengan bulan suci Romadhon

Kajian kita bertambah dengan macam-macam sholat sunnah awwabin, yang selama ini saya tidak pernah dengar apalagi mengerjakannya… saya sempat baca buku kecil yang di bagikan oleh bank muamalat yang didalamnya menerangkan sholat sunnah awwabin.. dan ini hasilnya, mudah2an jadi bahan pertimbangan kita..

Shalat sunat awwabin

adalah shalat sunat yang dikejakan selesai mengerjakan shalat sunat ba’da magrib, dilakukan sebanayak 2 sampai dengan 6 rakaat.

Adapun tata cara pelaksanaannya adalah sebagai berikut:

1.    Shalat 2 rakaat dengan niat:
“Aku niat shalat dua rakaat sunat awwabin, karena Allah.
2.    Sesudah membaca Fatihah pada rakaat pertama, bacalah:

  • surat Al-Ikhlas 6x
  • surat Al-Falaq 1x
  • surat An-Naas 1x

begitupun dengan rakaat kedua.

  1. Sehabis salam dua rakaat, maka shlat lagi 2 rakaat. Dan dibaca pada rakaat pertama dan kedua setelah Al-Fatihah mana saja surat yang dikehendaki. Niatnya, sebagaimana yang telah dijelaskan di atas.
  2. Sesudah itu, berdiri lagi dengan niat sama seperti sebelumnya, dilaksanakan 2 rakaat, dengan bacaan pada rakaat pertama sesudah Al-Fatihah, bacalah surat Al-Kafirun dan pada rakaat kedua sesudah membaca Al-Fatihah bacalah surat Al-Ikhlas.Tirmidzi meriwayatkan hadits dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda:“Barang siapa shalat 6 rakaat setelah magrib, di sela-selanya tidak berbicara kotor, maka ia mendapatkan pahala ibadah selama12 tahun.”Tabrani juga meriwayatkan dari Ammar bin Yasir, Rasulullah bersabda:“Barangsiapa melakukan shalat 6 rakaat setelah maghrib, maka diampuni dosanya meskipun sebanyak ombak lautan.”
  3. disarikan dari beberap suber kunjungi :
  4. http://www.anneahira.com/ibadah/shalat-sunnat-awwabin.htm
  5. http://www.pesantrenvirtual.com/